Tips Memilih Model Baju Batik yang Cocok untuk Busana Kantor

BAJU BATIK COUPLE SARIMBIT SRG 302

Batik saat ini sudah sangat umum digunakan untuk segala aktivitas, terutama aktivitas kerja. Bagi pekerja kantoran, batik akan memberi cita rasa tersendiri selain akan menambah wibawa juga terkesan lebih eksklusif. Saat ini banyak perusahaan swasta yang menerapkan peraturan untuk mengenakan baju batik setidaknya sekali dalam seminggu hari kerja. Kebanyakan menerapkan mengenakan baju batik pada hari Jum’at. Sehingga tak heran baik wanita maupun pria tak akan ketinggalan mencari model baju batik kantor yang pas untuk dikenakan, tidak hanya trendi juga nyaman saat digunakan.

Tips memilih model baju batik ke Kantor

Mencari baju batik yang pas untuk kantor ternyata tidaklah semudah itu, meskipun yang kita ketahui untuk jumlah butik baju batik baik yang ada disekitar kita hingga toko online banyak yang menawarkan baju batik dengan model, corak dan harga yang bervariasi. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih baju batik untuk kantor berikut ini, diantaranya:

1. Corak atau motif formal.

Untuk busana kantor sebaiknya Anda memilih corak atau motif yang berbentuk geometris karena akan memberi kesan formal. Sedangkan untuk corak bunga maupun abstrak akan sangat tidak cocok untuk kegiatan formal kantor. Corak batik yang mengandung unsur geometris, bisa Anda temukan pada motif batik parang atau udan liris. Selain corak, Anda juga harus memperhatikan warna baju batik yang dikenakan. Tidak semua warna cocok untuk dikenakan pada baju kerja. Jika motif batik Anda sudah terlalu ramai, sebaiknya pilih warna yang netral untuk situasi formal. Pilihan warna baju batik yang memberi kesan formal, diantaranya warna hitam, krem, dan coklat. Anda tidak usah khawatir, karena saat ini model baju batik kantor dengan corak dan warna yang sesuai untuk busana kantor sangat mudah didapatkan dari berbagai butik maupun situs belanja online.

2. Padanan yang pas.

Baju batik sudah sangat full dengan corak atau motif, sehingga memilih padanan yang pas harus diperhatikan agar tampilan Anda tidak terkesan bertabrakan antara atasan maupun bawahannya. Jika Anda mengenakan baju batik model terusan, tentu tidak akan menjadi masalah. Anda hanya harus mencari aksesoris pelengkap yang pas untuk terusan batik Anda. Namun jika baju batik Anda harus dipadupadankan dengan bawahan, ada baiknya Anda memilih yang berwarna polos. Selain itu, Anda tidak perlu mengenakan aksesoris terlalu banyak. Bagi pria cukup dengan mengenakan jam tangan seperti biasa, sementara wanita bisa dengan menambahkan kalung batu sederhana pada leher.

3. Model yang sederhana.

Meskipun banyak model baju batik kantor yang ditawarkan di pasaran, tentu tidak semua bisa diterapkan dengan pas untuk busana kantor. Untuk menegaskan kesan formal yang tetap elegan, pilihlah model baju batik yang sederhana. Untuk pria, pilihan kemeja batik akan sangat sesuai. Sementara untuk wanita bisa mengenakan blouse atau blazer batik. Untuk wanita, bisa juga dengan mengenakan rok batik untuk padu padan atasan yang berwarna polos. Namun perlu diperhatikan juga model rok batik yang terkesan formal. Model rok span, rok peplum bisa menjadi pertimbangan. Hindari rok dengan model kain yang di lilit ataupun model rok balon yang menggelembung.

4. Kenyamanan.

Memilih baju batik untuk busana kantor juga harus mempertimbangkan kenyamanan. Bagi Anda yang memiliki mobilitas kerja yang tinggi, pakaian yang nyaman akan sangat diperlukan agar tidak mengganggu pekerjaan Anda. Untuk pekerjaan kantor yang menuntut aktivitas keluar untuk bertemu klien atau konsumen, pilihlah baju batik yang mudah menyerap keringat dan sejuk saat dikenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *